Begini Cara Menginstal Ulang Windows 7 di Laptop/PC dengan Mudah



Cara Menginstal Ulang Windows 7 di Laptop/PC dengan Mudah

 cara termudah instal ulang laptop/pc

TIPS KOMPUTER.  Dikeempatan saya kali ini saya ingin berbagi Tutorial bagaimana cara instal ulang windows 7 di laptop maupun komputer, mungkin di sebagian pengguna windows masih belum paham bahkan belum mengerti cara menginstal ulang komputer atau laptop yang bagaimana caranya bisa terbilang mudah jika dapat anda pahami, ya mungkin bagi sobat yang  lulusan TKJ atau dalam bahasa lengkapnya Teknik Komputer jaringan pasti sudah sangat paham tentang hal ini bahkan wajib di ketahui , tapi bagi yang tidak mendalami ilmu komputer pasti sangat sulit kalau tidak membaca atau mencari taunya sendiri dengan mencarinya di google, nah bagi sobat yang belum tau cara menginstal ulang komputer bisa simak artikel ini karna saya akan mengulasnya lengkap dengan gambarnya agar tidak ada kesalahan dalam memperaktekannya.


Yang pertama yang perlu anda ketahui tentang menginstal ulang komputer ataupun laptop anda, anda harus tau dulu alasannya dan penyebab sehingga laptop ataupun komputer anda memang harus di instal ulang.untuk itu anda bisa baca artikel yang telah saya siapkan sebelumnya tentang  bagaimana   Ciri-ciri laptop ataupun Komputer yang harus di instal ulang.  Jika laptop anda termaksud dalam ciri-ciri atau penyaebab laptop ataupun komputer yang harus di instal ulang maka lanjutlah untuk membaca terus artikel ini sampai selesai,  atau anda juga bisa baca Cara memperbaiki Laptop/PC yang gagal Booting tanpa haru instal ulang.

Sekedar pengingat, setelah instal ulang sofwere yang terinstal di komputer ataupun laptop anda  dan berbagai macam file yang terletak di Local C juga akan hilang termaksud juga folder download dan my document, maka ada perlunya anda untuk mengbackup drivernya terlebih dahulu dan memidahkan file-file penting yang terdapat pada local C ke local D atau ataupun ke flasdisk anda agar tak kehilangan file penting saat penginstalan ulang terjadi, untuk cara backup Driver anda bisa baca artikel  Cara Termudah backup Driver yang terinstal di laptop/PC.

Adapun yang harus anda siapkan untuk menginstal ulang laptop ataupun komputer anda yaitu anda siapkan file DVD Windows 7 yang masih baik dan pastinya tidak rusak, jiika anda tidak mempunyai file dvdnya, ya tidak usah kwatir anda bisa membuatnya langsung dari laptop anda  Cara Mudah Membuat DVD/CD installer Windows 7

Jika file DVDnya sudah ada di tangan anda, langsung saja ikuti  langkah demi langkah cara-caranya di bawah in:


  • masukan dahalu DVD windows 7 nya  ke dalam DVD room.
  • Setelah itu Restart Laptop ataupun komputer anda.
  • Pada saat awal menyala langsung tekan cepat-cepat anda tekan  tombol  F2/F10/DEL/F1 disetiap merak laptop ataupun PC berbeda tombol yang harus anda tekan untuk masuk ke system BIOS ,maka dari  itu coba anda cari di google untuk cara masuk system BIOS  menurut merek laptop ataupun PC anda.
  • Nah setelah masuk ke System bios , seperti gambar di bawah ini, pada tampilan BIOS berbeda-beda di setaip laptop ataupun PC tapi pada dasarnya itu sama saja  

cara termudah instal ulang laptop/pc
  • Setelah muncul  sama seperti  tampilan di atas anda pilih menu boot  ˃˃ Pilih Menu boot Device Priority, pada menu firs boot  pastikan memilih dengan memakai CDROOM atau DVDROOM.
  • Tekan F10 untuk mengrestar komputer atau laptop anda. Bagi yang belum paham menyetel  BIOSnya , baca tutorial lengkapnya  bagaimana  Cara Menyetel Booting Bios ke CDROM/DVDROM.
  • Setelah komputer kembali menyala  akan ada tampilan perintah “press any key to boot from CD or DVD dan seterusnya, ketika timbul tusilan seperti itu tekan saja tombol enter atau sembarang tombol di keyboard.
  • Maka akan muncul tampilan hitam dengan bertuliskan “windows is loading files”. Tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah selesai loading filesnya maka akan terbuka tampilan masuk ke from pengisian tentang bahasa, waktu dan keyboard  [biarkan saja seperti itu lalu klik Next]. 

cara termudah instal ulang laptop/pc

  • Lalu klik Instal Now. /gambar
cara termudah instal ulang laptop/pc
  • Jika sebelumnya  anda menggunakan windows A10 yang terdiri dari berbagai macam file windows , maka akan tampil menu seperti ini, silahkan anda pilih saja satu  versi yang ingin anda instal di laptop ataupun komputer anda kemudian langsung klik next.
  • Setelah anda klik instal now maka akan tampil menu pilihan persetujuan, ya langsung cetang saja yang bertuliskan “I accept the license terms”, dan tekan tombol Next.
cara termudah instal ulang laptop/pc
  • Lalu akan masuk from yang bertuliskan  “Which type of instalation do you want?. Pilih Costom  Advanced.
 cara termudah instal ulang laptop/pc
  • Masuk ke from where do you want to instal windows,  pada tahap ini sebaiknya anda hati-hati, akan muncul beberapa partisi sesuai dengan jumbla partisi pada komputer/laptop anda, [untuk laptop yang bau biasanya hanya akan ada satu partisi saja ] untuk tampilanya seperti yang di bawah ini, klik Partition System [C:] kemudain pilih format untuk menghormat semua data yang ada pada locol C.
 cara termudah instal ulang laptop/pc
  • Setelah proses format selesai kemudian klik Next maka proses instalasinya akan segera d mulai dengan proses pengcopyan file dari dvd ke laptop/PC anda. Pada tahap ini penginstalan memakan waktu beberapa menit untuk itu supaya tidak bosen menunggu sebaiknya anda sediakan snack ataupun kopi untuk menunggu penginstalannya setesai agar tidak boring bro :D kira-kira 30 menitan kurang lebih. 
 cara termudah instal ulang laptop/pc
  • Setelah sekian lama anda menunggu maka komputer telah itu akan restart sendiri, kemudian masuk ke from yang ada di atas lagi untuk melanjutkan prosenya, setelah itu akan restart lagi setelah itu maka komputer anda akan memasuki proses booting yang pertama.
 cara termudah instal ulang laptop/pc
  • isikan username untuk nama laptop atau komputer anda.
cara termudah instal ulang laptop/pc
  • Kemudian masuk ke from pengisian password , untuk tahap ini anda bisa mengisinya taupun tidak mengisinya. Klik Next. 
cara termudah instal ulang laptop/pc
  • Kemudian masuk ke from selanjutnya untuk pengisisan serial number. Untuk ini kosongkan saja  jika kamu mempunyai serial number boleh di ii, jika tidak, jangan lupa anda uncheck pada pilihan “automatically active windows.......” lalu klik Next. windows kamu akan trial dan expired dalam jangka waktu tertentu, bisa menggunakan windows loader agar windows kamu menjadi full versiom, untu itu coba cari aja di google dengan kata kunci windows loader.


cara termudah instal ulang laptop/pc
  • Selanjutnya masuk ke from setup windows , untuk inin silakan pilih sesuai keinginan anda , saran saya pilih saja  “ask me later”.

cara termudah instal ulang laptop/pc
  • Kemudian masuk ke tahap akhir , yaitu setting format waktu, isislah sesuai dengan waktu daerah anda , klik Next.
cara termudah instal ulang laptop/pc
  • Selesai.

cara termudah instal ulang laptop/pc

Masalah yang sering terjadi saat saat instaL biasanya terjadi berhentinya proses instal ataupun error , dan kemungkinan besar ini di sebabkan oleh rusaknya DVD windows anda, dan bisa juga masalah pada hardisk, untuk solusinya anda bisa mencoba menginstal di laptop teman ataupun menggunakan DVD lan untuk mengetahui apa penyebabnya terjadi errornya saat penginstalan.

Demikianlah tutorial Cara instal ulang windows lengkap dengan gambarnya , saran saya sih kalau bisa di dampingi oleh seseorang yang lebih ahli jika anda baru memulainya pertama kali, agar tidak terjadi kesalahan yang dapat merugikan anda sendiri.


Salam dan terima kasih telah membaca  cara mudah menginstal ulang windows 7




Facebook CommentsShowHide

0 komentar

terima kasih telah berkunjjung di blog saya, silahkan berkoentarlah dengan sopan.