Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen Of Death pada Windows

Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen Of Death pada Windows

mengatasi blue screen secara tepat

Sebuah operasi SIstem OS pada sebuah perangkat pasti takkan terlepas dengan yang namanya masalah program ataupun error tak terkecuali juga system operasi windows salah satunya ialah terjadinya Blue Screen atau BSOD pada Windows, ya memang ini sering terjadi karna adanya software atau hardware yang crash atau terjadi kesalahan fatal sehingga membuat sistem harus restart dengan sendirinya. jika ini terjadi pada komputer ataupun laptop anda, jangan panik dulu dan langsung membawanya ke tukang service komputer, karna cara mengatasinya terbilang sangat mudah bahkan bagi yang masih awang tentang komputer.

Saya pribadi juga pernah mengalaminya kira-kira beberapa bulan yang lalu, ya waktu itu saya langsung panik karna baru pertama kali terjadi Blue Screen atau BSOD, yang waktu itu baru saya tau namanya, yang membuat saya lebih panik ialah setelah itu terjadi lagi saat pertama kali di restart layarnya hanya berwarna biru saja dengan tulisan yang tidak saya mengerti, tanpa pikir panjang akhirnya saya gooegling sebentar dengan kata kunci tertentu, gag perlu waktu lama setelah  saya ikuti instrumennya langsung laptop saya kembali seperti semula. bermula dari pengalaman saya waktu itu saya ingin mempostingnya juga di blog saya, siapa tau suatu saat nanti terjadi lagi di laptop saya dan saya lupa mengatasinya jadi gag rmengenai blue sreen tersebutepot-repot lagi di blog orang lain dan siapa tau agan-agan di sini juga terjadi masalah seperti yang saya alami.

Sebelum kita ke pokok pembahasannya saya singung sedikit apa itu Blu Sreen of deadh dalam bahasa kerennya.

Menurut Wikipedia Blue screen of death (BSOD, Bahasa Inggris: Layar Biru Kematian), atau kadang disebut "layar biru" (bluescreen) saja adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsof.

Penyebab Terjadinya Blue Screen Blue Screen of Deat (BSOD) biasanya disebabkan adanya masalah dengan hardware atau software driver pada komputer kamu. Software biasa tidak akan menyebabkan komputer kamu mengalami masalah seperti ini. Penyebab Blue Screen disebabkan oleh masalah hardware atau software dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows. Blue Screen terjadi ketika Windows bertemu dengan Error STOP sehingga terjadi kegagalan kritis yang menyebabkan Windows crash dan berhenti bekerja. Satu-satunya yang dapat dilakukan Windows disaat seperti ini hanyalah restart.

Hal semacam ini juga terjadi secara tiba-tiba bahkan bisa terjadi saat anda membaca artikel saya ini 😁  tanpa sedikitpun kesempatan anda untuk membaca ataupun menyimpan dokumen yang sempat anda buat karna setelah terjadi layar monitor langsung biru dengan pesan error yang tertera dan beberapa detik windows langsung restart.

Adapun Berbagai macam pesan Error Blue Screen Of  Death Seperti berikut:

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Pesan ini yang paling sering muncul aat terjadinya BSOD Pesan kesalahan ini disebabkan umumnya kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer, adapun Penyebab terjadi pesan error tersebut:
– Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok
– Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
– Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card.

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Dalam pesan ini kita sudah tau bahwa penyebabnya ialah karna adanya kerusakan pada
partisi atau filesystemnya tetapi ini bukan berada di harddisknya, atau kita bisa mengeceknya di kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan ini Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

Sebenernya masih banyak faktor terjadinya pesan Blue Screen namun yang saya bagikan penyebabnya secara umum atau yang sering terjadi, untuk masalah terjadi penyebab blue screen secara lengkap saya akan membahasnya di artikel selanjutnya.

Nah sekarang anda tau penyebab terjadinya Blue Screen Of Death tersebut, dan sekarang saya akan jelaskan bagaimana cara mengatasinya, ada tidak perlu terlalu kewatir jika blue screen hanya terjadi baru beberapa kali ataupun baru pertama kalinya ada alami karna masih bisa di atasi dengan hanya mengubah sedikit pengaturan dan repair pengaturan pada komputer ataupun laptop anda.
Berikut cara mengatasinya

 CARA MENGATASI BLUE SCREEN OF DEATH

Sebenarnya cara mengatasinya gampang-gampang susah kalian hanya perlu mengubah sedikit pengaturan System Security>System dan klik Change settings dibagian computer name, domain dan workgroup settings. Setelah itu pilih tab Advanced>Settings pada Startup and Recovery. Kemudian hilangkan centang pada Automatically restart. seperti gambar di bawah ini.



Pada Windows 7 atau Windows versi terbaru, informasi Blue Screen ditampilkan di Action Center. Jika anda pengguna Windows 7 atau Windows versi terbaru, anda dapat membukanya dan mengklik Check for Solutions pada menu maintenance. Ini akan membuat Windows memeriksa penyebab Blue Screen dan berbagai error lainnya yang terjadi pada komputer kamu. Dengan begini anda sudah dapat mengatasi Blue Screen.

Cara di atas ialah salah satu cara mengatasi blue screen Jika cara tersebut kurang efektif dan tiba tiba terjadi lagi BSOD namun komputer tidak restart sendiri, ya itu karna anda telah berubah setelannya agar komputer ataupun laptop tidak mengrestar dengan sendirinya, jika masalah ini terjadi anda harus terpaksa mematikannya secara paksa.

Adapun cara mengatasi blue screen dengan cara lain di bawah ini.

System Restore – Jika Blue Screen baru saja terjadi pada komputer Anda maka sebaiknya anda menggunakan System Restore untuk mengatasinya. Ini akan membuat komputer kamu kembali ke keadaan sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software.

Scan Malware – Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melakukan scan antivirus terhadap malware.

Install Update Driver – Sebuah driver yang salah install atau tidak diupdate dapat menyebabkan crash. Download driver terbaru dari perusahaan hardware komputer kamu, mungkin ini akan memperbaiki masalah BSOD.

Boot ke Safe Mode – Jika komputer kamu mengalami BSOD ketika dinyalakan, kamu bisa masuk ke Safe Mode. Pada Safe Mode, Windows hanya mengambil driver-driver yang penting. Jika kamu salah menginstall driver yang menyebabkan BSOD, dengan Safe Mode kamu dapat menguninstallnya.

Jika ada yang belum tau cara masuk dan fungsi safe mode bisa baca artikel 

Install Ulang Windows – Ya ini adalah pilihan terakhir suka tidak suka harus anda lakukan agar windows anda menjadi pulih kembali karna system akan terbangun dari dan tidak akan terjadi kerusakan, jika masalah ini terus terjadi etelah anda instal ulang kemungkinan besar Blue Screen terjadi karna ada permasalahannya ada pada hardwerenya.

Nah itulah cara mengatasi Blue Screen Of death yang terjadi di windows mudah-mudah setelah membaca artikel ini komputer ataupun laptop sobat dapat berfungsi dengan semula.

Sebagian isi artikel saya pelajari di https://winpoin.com sebagai sumbernya.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar

terima kasih telah berkunjjung di blog saya, silahkan berkoentarlah dengan sopan.